PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA ERA SOCIETY 5.0

  • Fathi Risqullah Universitas Pekalongan
  • Yani Pratiwi Universitas Pekalongan
  • Uswatun Hasanah Universitas Pekalongan
  • Arina Manasikana Universitas Pekalongan
  • Sayyidatul Karimah Universitas Pekalongan
Keywords: Cooperative Learning, Era Society 5.0, Hasil Belajar Siswa, Teams Games Tournaments (TGT)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa karena kurangnya variasi pembelajaran dan kejenuhan siswa saat pembelajaran di sekolah. Pada umumnya pembelajaran di sekolah menggunakan pembelajaran tradisional sehingga membuat siswa merasa jenuh dan ketertarikan siswa untuk belajar menjadi rendah. Untuk mengatasi hal tersebut, penulis memilih model Cooerative Learning tipe Teams Games Tournament (TGT) yang bersumber dari studi pustaka yang telah dilakukan sebelumnya. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap hasil belajar siswa di era society 5.0. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research). Study literatur atau studi pustaka merupakan kegiatan yang wajib dilakukan para penulis untuk mencari teori yang relevan dengan penelitian yang dilakukan. Data yang dibutuhkan dikumpulkan melalui studi kasus berbagai referensi yang ada melalui jurnal-jurnal nasional yaitu dengan melakukan analisis pada sepuluh artikel ilmiah yang relevan. Dari beberapa jurnal yang telah ditelaah, penelitian terdahulu menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Teams Games Tournaments (TGT) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil pembahasan, dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Teams Games Tournaments (TGT) mampu memberikan dampak terhadap peningkatan hasil belajar siswa di era society 5.0.

Published
2023-01-27

Most read articles by the same author(s)