Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Materi Eksponen

  • Sarah Mukti Maliki Universitas Pekalongan
  • Afifah Fitri Anindya Universitas Pekalongan
  • Sayyidatul Karimah Universitas Pekalongan
Keywords: Mathematical Reasoning Ability, Exponents, HOTS

Abstract

ABSTRAK

Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang meliputi proses berpikir kritis, kreatif, logis, reflektif, dan metakognitif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan tujuan menganalisis kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS materi eksponen. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Pekalongan dengan melibatkan 34 siswa sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrument tes berupa satu soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) materi eksponen. Jawaban siswa dianalisis berdasarkan indikator kemampuan penalaran matematis yang diukur meliputi menyajikan pernyataan matematika secara tertulis dan bergambar, mengajukandugaan, memanipulasi matematika, menyusun bukti, memberikan alasan terhadap kebenaran solusi dan membuat kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa pada materi eksponen masih tergolong sedang, hal ini ditunjukkan dengan 10 siswa yang berkategori tinggi dengan presentase 29,41%, 16 siswa yang berkategori sedang dengan presentase 47,06%, dan 8 siswa yang berkategori rendah dengan presentase 23,53% sesuai dengan indikator kemapuan penalaran matematis yang diukur.

 

Kata kunci:Kemampuan Penalaran Matematis; Eksponen; HOTS

 

Published
2024-01-11

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>