PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IX MTS NEGERI 1 PEKALONGAN

  • Feni Fitriyani Universitas Pekalongan
  • Amalia Fitri Universitas Pekalongan
Keywords: Kecerdasan Emosional, Kemandirian Belajar, Berfikir Kritis

Abstract

Berpikir kritis merupakan cara berpikir yang rasional dan relektif dengan menekankan pada pembuatan keputusan. Berpikir kritis dipengaruhi beberapa factor, salah satunya kecerdasan emosional. Selain itu kemandirian belajar juga diduga memiliki kaitan yang erat dengan kemampuan berpikir kritis. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh kecerdasan emosional dan kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX MTs Negeri 1 Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IX MTs Negeri 1 Pekalongan yang berjumlah 184 siswa dengan sampel penelitian sejumlah 23 siswa. Teknik analisis data penelitian ini meliputi uji asumsi yang terdiri dari uji normalitas residu, uji linearitas, uji multikolonieritas, dan uji heteroskedastisitas serta uji hipotesis yang terdiri dari uji regresi linear sederhana dan uji regresi berganda. Hasil penelitian: terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan berpikir kritis sebesar 74,4% dan pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis 72,3%. Sedangkan hasil uji hipotesis pengaruh kecerdasan emosional dan kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa secara bersama-sama diperoleh pengaruh sebesar 85,3%.

Published
2023-01-27

Most read articles by the same author(s)