ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS XI PADA MATERI REFLEKSI

  • Muhammad Arroqil Ilmi Universitas Pekalongan
  • Rini Utami Universitas Pekalongan
Keywords: Matematika, Pemahaman Konsep, Refleksi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahamn konsep matematis siswa pada materi refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 4 Pekalongan sebanyak 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berupa tes uraian sejumlah 5 butir soal. Tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis siswa terbagi dalam kategori tinggi, sedang, dan rendah. Rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam penelitian ini adalah 54,84%. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kategori tinggi 12,12 % sebanyak 4 siswa, kategori sedang 72,73% sebanyak 24 siswa, dan kategori rendah 15,15% sebanyak 5 siswa. Hasil ini disebabkan karena masih banyaknya siswa yang belum mampu memahami konsep dengan baik. Dari 4 indikator yang digunakan dalam penelitian ini, indikator menyatakan ulang sebuah konsep, memberikan contoh dan bukan contoh dari suatu konsep, serta menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis menyebabkan masih banyaknya siswa yang banyak melakukan kesalahan atau kurang tepat dalam menyelesaikan soal tes. Hanya indikator menggunakan, memanfaatkan serta memilih prosedur tertentu yang siswa mampu menyelesikan soal tes dengan baik dan hanya terdapat sedikit kesalahan.

Published
2023-01-27

Most read articles by the same author(s)