Kata Pengantar

Globalisasi yang terjadi saat ini telah menempatkan semua dunia dalam suatu perkampungan global, di mana dunia terintegrasi tanpa batas-batas fisik. Perkembangan dunia ditandai dengan semakin pesatnya kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Kompleksitas ini semakin bertambah manakala dihubungkan dengan pola interaksi bisnis yang terjalin di masyarakat modern. Implikasi ini telah mengubah wajah perdagangan dan perekonomian dunia menjadi bentuk bisnis dalam perkampungan global (business in globall village). Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di masa sekarang yang menunjukkan era ekonomi baru. Era ini yang mengintensifkan informasi dan kreativtivitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama. Kita perlu melakukan lompatan dari perekonomian yang sebelumnya mengandalkan sumberdaya alam, industri, teknologi informasimenjadi perekonomian yang digerakkan oleh industri kreatif. Mengahadapi era industri 4.0 UMKM harus mampu beradaptasi agar dapat bersaing secara komprehensif ataupun unggul dengan memanfaatkan berbagaikemajuan teknologi digital yang ada. Pengembangan start up bidang e commercemenjadi langkah yang tidak bisa dilewatkan oleh pelaku UMKM. Hal ini memerlukanperhatian serius karena tidak semua UMKM mampu memanfaatkan jaringanteknologi. Selain itu kreativitas dalam mengembangkan usaha juga sangatdiperlukan. Banyak tantangan yang dihadapi dalam mengembangkan wilayahpesisir pada era Revolusi industri 4.0. Semoga prosiding ini memberikan pandangbaru stakeholder dan memberikan inspirasi kepada pelaku UMKM gunamenginovasi dan meningkatkan daya saing UMKM di masa depan.

Published: 2018-11-14

General Papers