ANALISIS KESULITAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI MATRIKS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMK MA’ARIF NU DORO

  • Angga Arista Universitas Pekalongan
  • Sayyidatul Karimah Universitas Pekalongan
Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep, Kesulitan Belajar, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesulitan pemahaman konsep pada materi matriks ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas XI SMK Ma’arif NU Doro. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ 2 SMK Ma’arif NU Doro. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan wawancara. Adapun teknik analisis data yang digunakan mengacu pada pengolahan data menurut Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validasi data dilakukan dengan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini yaitu siswa yang memiliki tingkatan motivasi belajar tinggi mengalami kesulitan dalam mencapai satu indikator pemahaman konsep. Sedangkan siswa dengan motivasi belajar sedang mengalami kesulitan dalam mencapai tiga indikator pemahaman konsep. Siswa yang memiliki motivasi belajar rendah mengalami kesulitan dalam mencapai empat indikator pemahaman konsep. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat satu indikator yang tidak dapat dicapai oleh semua subjek penelitian. Indikator tersebut adalah kemampuan siswa dalam menyajikan konsep dalam berbagai representasi. Lebih lanjut, siswa dominan berada dalam tingkatan motivasi belajar sedang. Siswa yang memiliki tingkatan motivasi belajar yang sama memiliki kesulitan pemahaman konsep yang berbeda-beda. Hal ini dikarenakan siswa memiliki kesulitan dan kesalahan masing-masing dalam menyelesaikan soal.

Published
2023-01-26

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>