PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID APLIKASI LECTORA INSPIRE PADA KELAS VII UNTUK MATERI SEGIEMPAT

  • Nur Farikha Universitas Pekalongan
  • Sayyidatul Karimah Universitas Pekalongan
Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Android, Lectora Inspire, Segiempat

Abstract

Proses pembelajaran matematika di MTS Hidayatul Athfal hanya menggunakan sumber belajar LKS masih kurang memanfaatkan teknologi informasi yang ada. Pembelajaran matematika dengan memanfaatkan teknologi informasi dengan media Pembelajaran membuat siswa merasa lebih tertarik pada proses pembelajaran. Didasarkan pada hasil wawancara terhadap guru dan siswa didapatkan hasil bahwa siswa cenderung menyukai pembelajaran yang berbasis media pembelajaran. Selain itu diungkapkan pula bahwa siswa memiliki kelemahan pada materi segiempat. Berdasarkan masalah di atas maka dilakukan pengembangan media pembelajaran pada materi segiempat. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan aplikasi Lectora Inspire 17. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran berbasis android dengan aplikasi lectora inspire untuk materi segiempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan dari media pembelajaran matematika tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development dengan model 4D. Hasil dari penelitian pengembangan media pembelajaran pada materi segiempat diperoleh bahwa media pembelajaran dalam kategori validitas tinggi dengan hasil interpretasi indeks 85,47% yang artinya media pembelajaran sangat valid untuk diuji cobakan dengan tingkat atau ukuran 85,47%. Sedangkan hasil analisis respon siswa pada media pembelajaran menunjukkan nilai kepraktisan 79,42%(kategori praktis) yang artinya media pembelajaran dengan tingkat atau ukuran 79,42% praktis bila diterapkan dalam pembelajaran matematika pada materi segiempat.

Published
2023-01-27

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>